Pengobatan ASAM URAT


Penyakit asam urat adalah sebutan umum untuk rematik gout (gout arthitritis), yaitu penyakit yang timbul akibat adanya 
gangguan metabolik asam urat (uric acid) sehingga terjadi penumpukan dalam jaringan tubuh berupa endapan (defosit) 
kristal asam urat.


Ada tiga cara medis untuk memastikan seseorang terkena penyakit asam urat atau tidak.

 -    
Pertama adalah pemeriksaan kadar asam urat dalam darah. Laki-laki memiliki kadar asam urat lebih tinggi dibanding wanita. Namun pada wanita kadar asam urat akan meningkat setelah menopause. Pada laki-laki jika asam urat lebih dari 7mg/dl atau wanita lebih dari 6 mg/dl maka dikatakan menderita asam urat tinggi.
-
Kedua adalah pemeriksaan kadar asam urat dalam urin per 24 jam. Kadar asam urat dikatakan berlebih jika di atas 800 
mg/24 jam pada diet biasa atau lebih dari 600 mg/24 jam pada diet bebas purin.
 
Ketiga adalah pemeriksaan cairan sendi yang berguna untuk melihat defosit kristal asam urat pada sendi yang mengalami peradangan.



CARA PENGOBATAN ASAM URAT :


1.
AKARSIDAGURI
Rebus 30 gr akar sidaguri kering dan 30 gr daun tumbuhan anting-anting beserta akarnya dalam 600 cc air. Biarkan air mendidih hingga tersisa 200 cc saja. Saring dan dinginkan. Lalu minum.
2.
BAWANG MERAH
Haluskan 5 siung bawang merah dan rimpang jahe seukuran 2 jari dengan cara ditumbuk. Campur dengan 1 cangkir tepung terigu dan air secukupnya. Remas-remas sampai tercampur merata. Gosokkan pada bagian tubuh yang sakit 2 kali sehari.
3.
CUKA APEL
Campurkan 2 sdm cuka apel yang sudah jadi dengan 1 sdm madu dan air hangat 50 cc. Minum 2 kali sehari, pagi dan malam hari selama seminggu.
4.
DAUN KUMIS KUCING
Cuci bersih 60 gr daun kumis kucing segar (atau 30 gr daun kering), 60 gr akar alang-alang, 30 gr daun ciplukan segar (atau 15 gr yang kering). Rebus dalam 600 cc air hingga air tersisa setengahnya (300 cc). Saring lalu minum.
5.
DAUN SALAM
Rebus 10 lembar daun salam dengan 700 cc a, Biarkan sampai mendidih hingga tersisa 200 cc saja.Minum selagi hangat, pagi dan sore hari.
6.
JAMUR LINGZHI (REISHI)
seduhlah 2 sdt bubuk atau serbuk lingzhi (saat ini telah beredar luas di pasaran) dengan 1 gelas air panas.Minum 1 sampai 2 kali sehari.Atau lakukan terapi selama sebulan dengan menyeduh 3 gr serbuk lingzhi yang diminum 30 menit sebelum makan.Bulan berikutnya dosis dikurangi sampai asam urat sembuh.Kandungan geranium organik dalam jamur lingzhi lelah,meningkatkan  energi ,memperkuat kekebalan tubuh dan menghilangkan racun
7.
KUNYIT
Rebus 20 gr rimpang kunyit,10 gr daun sambiloto kering dan 15 lembar daun salam dengan 600 cc air.Biarkan air mendidih hingga air tersisa 300 cc.Saring,minum 2 kali sehari.
8.
LABU SALAM
Parut labu siam secukupnya lalu saring.Dan minum airnya setiap saat secara rutin.Mengonsumsi rebusan labu siam sebagai lauk juga baik untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah.
9.
LEMPUYANG
Haluskan rimpang lempayung pahit lalu campur dengan minyak kelapa dan abu dapur.Balurkan ramuan pada kaki yang sakit Ramuan ini juga berfungsi untuk menyembuhkan bengkak pada badan
10.
MADU
Campurkan 1 bagian madu dengan 2 bagian air hangat ditambah 1 sdt bubuk kayu manis.Pijitkan ramuan tersebut pada bagian yang sakit dengan perlahan.Atau campurkan 2 sdm madu,1 sdt bubuk kayu manis dengan 1 cangkir air panas. Minum setiap hari dan malam hari dengan teratur
11.
SARANG SEMUT
Tumbuhan sarang semut biasa digunakan sebagai tanaman obat oleh masyarakat pedalaman di bagian barat Wamena, Papua. Suku-suku di Bogondini dan Tolikara lazim memanfaatkannya untuk mengatasi rematik dan asam urat. Jika sulit mendapatkan bahan tumbuhan sarang semut maka Anda bisa membeli kapsul tumbuhan sarang semut ataupun ektraknya yang berbentuk serbuk. Dosis pemakaiannya bisa dibaca pada kemasan obat tersebut.
12.
TEMULAWAK
Cuci dan bersihkan 30 gr temulawak, 30 gr jahe marah, 2 buah mengkudu dan 2 batang serai. Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring lalu minum.

Sumber : farmasiku

Comments