Pengobatan DIABETE5 MELLITUS


Orang Indonesia biasa menyebut Diabetes mellitus dengan nama penyakit kencing manis. Gangguan ini terjadi karena tubuh tidak mampu menghasilkan hormon insulin yang cukup sehingga gula dalam darah tidak bisa diubah menjadi glikogen yang dapat disimpan dalam otot atau jaringan hati. Akibatnya kadar gula dalam darah meningkat dan ginjal tidak
mampu menyerap kembali gula darah sehingga terbuang bersama airseni.


CARA PENGOBATAN DIABETES :

1.
BROTOWALI
Cuci bersih 10 sampai 15 gr batang brotowali lalu direbus. Minum air rebusan secara teratur.

2.
BUAH JAMBLANG ATAU JUWET {Syzygium cumini)
Tumbuk halus 15 biji jamblang lalu rebus dengan 2 gelas air. Habiskan air rebusan ini dalam sehari dengan cara diminum
sedikit-sedikit (2 sampai 3 kali minum). Lakukan secara rutin sampai badan terasa segar, tidak lesu dan bertenaga kembali.

3.
DAUN BUNGUR (Lagerstromia speciosa)
Bersihkan 30 gr daun bungur yang sudah tua dan segar dari jenis bungur dengan bunga ungu. Rebus dalam 150 ml air
selama 1 jam. Bagi tiga air rebusan untuk diminum 3 kali dalam sehari (masing-masing 50 ml) 1 jam sebelum makan. Daun bungur mengandung asam korosolik yang berfungsi seperti insulin, korosolik mampu mengaktivasi proses transfer
glukosa darah ke dalam sel seningga kadar glukosa darah turun dan tidak terjadi penumpukan glukosa dalam tubuh.

4.
DAUN MURBEI
Konsumsi 200 gr daun murbei dalam sehari mampu menghambat penyerapan glukosa berlebih dalam tubuh. Daun murbei mengandung senyawa alkaloid acarbose yang dapat mengintervensi proses hidrolis karbohodrat juga menghambat kinerja alfa glukosidase yang merupakan penyebab diabetes.

5.
DAUN SALAM
Rebus 75-100 gr daun salam dalam 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Dinginkan lalu saring minum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas. Besoknya, daun salam yang telah direbus kemarin ditambah air sama banyak, rebus kembali hingga tersisa setengahnya. Air rebusan diminum kembali dengan dosis sama. Pada hari ketiga, barulah daun salam diganti yang baru. Lakukan rutin sampai kadar gula dalam darah kembali normal.

6.
DAUN THE HIJAU
Teh hijau kaya akan polifenol yang mampu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Kandungan Mangan (Mn) pada teh hijau juga dapat menguraikan molekul glukosa menjadi sumber energi. Caranya dengan mengkonsumsi teh hijau
secara rutin, tentu saja tanpa gula tebu.

7.
DAUN UBI JALAR
konsumsilah pucuk daun ubi jalar sehagai lalapan sebanyak 300 gr dalam sehari. Namun bagi penderita diabetes yang juga memiliki penyakit maag, sebaiknya tidak menggunakan resep ini

8.
JAMBU BUI
Rebus 1 buah jambu biji mengkal yang sudah dipotong-potong ke dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga air rebusan
tersisa 1 gelas saja. Saring lalu minum 2 kali sehari.

9.
KUMIS KUCING
Cuci bersih 1/3 genggam daun kumis kucing,  1/3 genggam sambiloto dan batang brotowali seukuran 3/4 jari yang sudah dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Dinginkan lalu saring. Minum 1/2 jam sebelum makan di pagi dan sore hari.

10.
LIDAH BUAYA
Haluskan dengan cara di jus 60 gr daun lidah buaya yang sudah dibersihkan dari kulit dan durinya. Tambahkan 60 gr pare, 30 gr jahe. dan gula merah secukupnya. Rebus dalam air secukupnya hingga ramuan tersisa 1 gelas. Minumlah dengan teratur.

11.
PARE
Cuci bersih 200 gr pare segar lalu diblender. Tambahkan air masak secukupnya. Peras dengan kain hingga terkumpul 1/4
gelas. Panaskan air perasan dengan api kecil selama 15-30 menit. Dinginkan dan minum setiap hari sampai kadar gula
darah normal. Pare mengandung charantin dan polypeptide-P insulin yang mampu merangsang sel beta pankreas untuk mensekresi insulin.

12.
SAMBILOTO
Rebus 10 sampai 15 gr sambiloto yang sudah dikeringkan, atau  seduh sambiloto yang sudah dijadikan bubuk dengan air panas lalu diminum.

13.
MAHKOTADEWA
Cuci bersih buah mahkota dewa sebanyak 5 atau 6 buah. Lalu iris-iris daging buahnya. Rebus dengan 5 gelas air sampai
mendidih dan airtersisa sekitar 3 gelas. Saring lalu minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

14.
SELEDRI
Cuci dan potong-potong ramuan yang terdiri dari 100 gr seledri, 60 gr waluh atau labu parang dan 30 gr pare. Rebus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc. Dinginkan lalu saring, minum 3 kali sehari sebanyak 100 cc.
15.
KETAN HITAM
Siapkan ketan hitam sebanyak 1 genggam. Cuci hingga bersih lalu tiriskan. Setelah kering sangrai (goreng tanpa minyak) hingga wangi. Setelah dingin tumbuk hingga halus menjadi bubuk. Jika ingin diminum ambil 2-3 sendok teh bubuk ini dan seduh dengan 1 cangkir air panas. Setelah dingin bisa dingin bisa diminum 2-3 kali sehari. Air 1 cangkir itu bisa dibagi untuk keperluan minum sehari.

16.
BIJI MAHONI
Kumpulkan biji mahoni (Sweeteniae sp.) sebanyak 1 genggam. Keringkan biji dengan cara dijemur. Lalu giling halus dan tumbuk menjadi bubuk. Simpan di dalam toples dan taruh di tempat yang kering. Tiap kali minum ambil setengah sendok teh bubuk tadi dan seduh dengan sepertiga cangkir air panas. Meskipun airnya sangat pahit tapi jangan dicampur dengan gula atau madu. Saring dan minumlah setengah jam sebelum makan. Dalam sehari bisa diminum 2-3 kali.
17.
BIJI ALPUKAT
Kupas buah alpukat yang sudah tua dan ambil bijinya. Biji alpukat lantas dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil.
Gunakan panci stainless untuk merebus Tambahkan   air secukupnya sampai biji terendam. Rebus sampai airnya berwarna. Saring dan minumlah air rebusan biji alpukatini sehari 2 kali. Sekali minum cukup setengah gelas.
Catatan: bisa juga biji alpukat dipotong dan diiris tipis lalu dijemur hingga kering. Setelah itu direbus dengan 3 gelas air
dan rebus sampai airnya hanya tersisa 1 gelas. Bagi dua air rebusan dan diminum sehari dua kali.

18.
CAMPURAN SAMBILOTO,KUMIS KUCING DAN BRUTOWALII
Siapkan 1/3 genggam tanaman sambiloto, 1/3 genggam daun kumis kucing dan 3/4 jari (sekitar 6 cm batang brotowali). Cuci semua bahan hingga bersih. Lalu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 2 gelas. Air bisa dibagi untuk dua kali minum. Sebaiknya diminum pagi dan sore hari sebelum makan.

19.

CAMPURAN MENIRAN, KUMIS KUCING, PULE DAN BIJI JAMBLANG
Siapkan 3 tanaman meniran yang dipetik lengkap dengan batang, daun dan akarnya. Tambahkan 30 lembar daun kumis
kucing, 2 jari tangan kulit pohon pule dan 10 butir biji jamblang. Semua bahan dicuci bersih lalu dirajang kasar. Rebus dengan 4 gelas air hingga airnya tersisa sekitar 3 gelas. Air rebusan dibagi untuk 3 kali minum dan hams dihabiskan dalam sehari.

 20.
VCO
VCO alias virgin coconut oil atau minyak kelapa murni (ada juga yang menyebutnya minyak kelapa dara) juga bisa mengobati diabetes. Anda tak perlu repot membuat minyak kelapa murni sendiri karena VCO cukup repot membuatnya. Cukup dengan membeli VCO di toko obat terdekat dan ikuti dosis minumnya seperti pada kemasan. Diabetes akan teredam oleh keampuhan Kandungan asam lemak rantai sedang pada VCO yang merupakan asam lemak yang baik bagi tubuh.

Sumber : Farmasiku

Comments