Pengobatan ASMA


Asma, yang dalam bahasa Inggris disebut asthma, adalah penyakit penyempitan pernafasan sebagai respon terhadap rangsangan pada paru-paru. Kondisi ini akan mengakibatkan diameter jalannya nafas mengecil, gangguan syaraf otonom dalam pengaturan otot polos saluran nafas, perubahan respon otot saluran nafas dan kerusakan sel epitel mukosa saluran nafas.


CARA PENGOBATAN ASMA :


1.
KECUBUNG
Untuk penderita asma dewasa : keringkan bunga kecubung atau 2 lembar daun kecubung. Daun atau bunga kecubung kering dilinting dan dihisap seperti merokok dengan dosis tidak lebih dari 1 linting tiap 6 jam. Untuk penderita asma anak-anak : bunga atau daun kecubung kering dibakar, lalu uap bakaran tersebut dihisap atau dihirup.
2.
DAUN RANDU
Cuci bersih 6 lembar daun randu (daun dari pohon kapuk randu), tumbuk halus lalu saring. Tambahkan air masak secukupnya dan 3 sendok makan madu. Minum tiap 3 jam sekali saat asam menyerang.
3.
BAWANG PUTIH
Iris tipis 5 siung bawang putih lalu rebus dengan 1 gelas air. Biarkan mendidih hingga airtersisa setengahnya. Dinginkan lalu saring. Minum 2 kali sehari. Boleh tambahkan sedikit madu jika tak kuat dengan aroma bawang putih. Atau haluskan 3 siung bawang putih lalu tambahkan 1 sdm madu dan gula batu secukupnya. Minum setiap pagi secara rutin.
4.
DAUN SIRIH
Tumbuk halus 8 lembar daun sirih dan 30 butir lada putih. Tambahkan 1 sendok minyak makan. Oleskan pada dada dan leher, lakukan 1 kali sehari jika asma menyerang.
5.
KUNYIT
Parut halus rimpang kunyit seukuran 1 jari, sisihkan. Tumbuk halus 1/2 biji buah pinang lalu dicampur dengan parutan rimpang kunyit. Tambahkan 1/2 gelas air masak dan sedikit kapur sirih. Peras lalu saring. Minum 1 kali sehari.
6.
SERAI
Kupas dan buang daun dari 10 batang serai. Cuci lalu rebus dengan 2 gelas air. Tambahkan 2 sdm gula aren dan biarkan mendidih hingga air tersisa 1 gelas. Saring lalu dinginkan. Minum setiap pagi sebelum makan apapun.
7.
SUSU KAMBING
Minumlah susu kambing sebanyak 200 ml yang sudah dipanaskan sebelumnya. Minum 3 kali sehari. Lakukan secara rutin. Efek akan terlihat setelah 3 bulan mengkonsumsi susu kambing. Teruskan minum, walaupun asma tidak lagi menyerang, namun dosis dikurangi menjadi 1 kali sehari. Susu kambing mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung mineral berupa magnesium, klorida dan selenium yang baik untuk metabolisme tubuh.
8.
TEMULAWAK
Iris tipis 1,5 rimpang temulawak lalu keringkan. Setelah kering, rebus dengan 5 gelas air ditambah gula aren secukupnya. Biarkan mendidih dan airtersisa 3 gelas. Saring lalu minum.
9.
CECAK TERBANG
Ada juga penderita yang sembuh dengan mengonsumsi cecak terbang (orang Jawa menyebutnya klarap). Binatang ini biasa hingga di pohon mangga dan selalu berpasangan. Ambilah sepasang cecak terbang (Ingatlah cicak terbang harus sepasang, karena jika hanya satu dipercaya mengandung racun) lalu bakar sampai hangus dan ambil abunya. Masukkan dalam kapsul. Minum secara rutin.
10.
HATI KALONG ATAU ANAK TIKUS
Makanlah hati kalong (sejenis kelelawar berukuran kecil) atau anak tikus yang baru lahir (orang Jawa menyebutnya cemindil tikus atau cindil abang) sebagai obat asma. Memang pengobatan ini belum diteliti secara klinis. NamUn telah banyak orang yang mengaku sembuh asma-nya setelah mengonsumsi hati kalong atau anak tikus.

Sumber : Farmasiku

Comments