PENGOBATAN MAAG


Dalam istilah medis, penyakit maag disebut dispepsia.Maag sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti lambung. Penyakit maag terjadi karena adanya gangguan iritas pada mukosa (selaput lendir) lambung akibat produksi asar lambung yang berlebihan. Karena daya tahan mukosa tidak sebanding dengan asam lambung yang berlebih menyebabkar mukosa terluka dan mengalami iritasi.


CARA PENGOBATAN MAAG :

1.
BUAH APEL
Buatlah juice dari 1 buah ape, ditambah 1 sdm serbuk kayu manis Minum sacara teratur 2 kali sehari.

2.
DAUN CINCAU(Cylea barbata)
Cuci dan haluskan 80 gr daun cincau segar,tambahkan air masak secukupnya lalu peras dan saring.Tambahkan sesikit air kapur sirih agar air mengental.Setelah menggumpal,dimakan dengan air gula aren atau sirup 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

3.
DAUN SALAM
Rebus daun salam sebanyak 12 lembar dalam air 1/2 liter Biarkan mendidih selama 1/4 jam lalu tambahkan gula aren
secukupnya. Pengobatan dilakukan dengan meminum air rebusan tersebut setelah didinginkan.

4.
KACANG HIJAU
Keringkan 1/4 kg kacang hijau dengan cara dijemur Lalu sangrai (goreng tanpa minyak) sampai terlihat matang. Angkat
lalu tumbuk halus. Ambil 1 sdm kacang hijau yang telah ditumbuk lalu campur dalam 1 gelas air masak. Minum secara teratur sampai sakit maag sembuh.

5.
KENCUR
Bersihkan rimpang kencur seukuran 1 jari dan kupas kulitnya.Kunyah-kunyah dengan garam secukupnya. Setelah halus, telan lalu minum air hangat. Lakukan secara rutin 3 kali sehari

6.
LIDAH BUAYA
Bersihkan lidah buaya sagar dari kulit dan durinya.Potong-potong tanpa dicampur dengan juice (dianjurkan juice apel) dan minum secara rutin.Daging lidah buaya juga dapat langsung di makan tanpa di campur juice.Daging lidah buaya mengandung aloenin dan megnesium laktat yang dapat menghambat sekresi asam lambung.Lidah buaya juga bersifat antiinflamasi (anti radang)karena gel lidah buaya mengandung bradykinese yaitu suatu enzim yang berfungsi sebagai pemecah sumber inflamasi(radang)

7.
MENIRAN
Cuci bersih 3/4 genggam daun meniran lalu rebus dengan 3 gelas air.Biarkan mendidih hingga air tersisa 3/4-nya.Dinginkan dan saring.Minum dengan madu secukupnya,3 kali sehari

8.
RAMUAN LAOS,TEMULAWAK DAN BAHAN LAIN
Ramuan terdiri dari 5 gr rimpang laos seukuran,5 gr rimpang temulawak,1 gr batang kayu rapet,3 gr buah adas, 1,5 gr daun sembung dan 1,5 gr daun salam.Rebus semua bahan ramuan dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.Dinginkan lalu saring Minum di malam hari kira-kira pukul 19.00 - 20.00. Lakukan rutin selama 3 - 6 bulan.

9.
SUSU KAMBING                  
Minum 200 ml susu kambing dengan rutin atau saat maag menyerang Susu kambing bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung yang berlebih

Sumber : Farmasiku

Comments