Pengobatan tradisional BATU GINJAL


Penyakit batu ginjal atau kidney stone atau urolithiasis terbentuk karena mineral-mineral dan berbagai bahan kimia yang terkandung dalam air seni tidak dapat seluruhnya dilarutkan oleh urine atau air kencing, sehingga mengendap dan mengeras seperti batu.


CARA PENGOBATAN GINJAL :


1.
DAUN KEJIBELING
Bersihkan 50 gr daun kejibeling segar, 7 lembar daun ungu dan 60 gr akar alang-alang. Rebus dengan 800 cc air. Biarkan mendidih hingga air tersisa 450 cc. Saring lalu minum 150 cc 3 kali sehari secara rutin
2.
DAUN KEMUNING
Bersihkan daun kemuning segar secukupnya, tambahkan 150 cc air lalu di jus. Saring dan minum airnya.
3.
DAUN MENIRAN
Cuci bersih 30 gr daun meniran, 30 gr daun sendok dan 30 gr daun  kumis  kucing. Tambahkan 800 cc air, rebus hingga
mendidih dan air tersisa 450 cc. Dinginkan lalu saring. Minum 3 kali sehari sebanyak 150 cc.
4.
DAUN PEGAGAN
Rebus ramuan yang terdiri dari 30 gr daun pegagan, 30 gr tempuyang dan 6 lembar daun alpukat dengan 800 cc air. 
biarkan mendidih hingga air tersisa 450 cc. Saring lalu minum 150 cc, 3 kali dalam sehari.
5.
TEMPUYUNG
Petik 250 mg daun tempuyung. Lalu keringkan dengan cara jemur dengan panas matahari biasa (tak perlu langsung 
dijemur di tempat panas, cukup ditaruh di teritis rumah). Setelah itu tambahkan 250 cc air dan rebuslah. Sisakan air setengahnya dan dibagi untuk 3 kali minum, pagi, siang dan sore hari.
6.
CAMPURAN TEMPUYUNG, DAUN ALPUKAT , DLL 
Siapkan 5 lembar daun tempuyung, 5 lembar daun alpukat, 5 lembar daun sawi tanah dan 2 jari gula aren. Cuci bersih semua Dahan. Rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa sekitar 2 gelas saja. Saring dan dinginkan air rebusan. Bagi untuk 3 kali minum. Dikonsumsi pada pagi, siang dan sore hari.
7.
DAUN TIN ATAU DAUN ARA
Cuci bersih 7 lembar daun tin, rebus dalam 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari setelah 
bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. 
8.
JAGUNG
Siapkan 6 buah tongkol jagung, 50 gr rambut jagung, 30 gr kejibeling dan 30 gr kumis kucing. Rebus dengan 800 cc air, biarkan mendidih hingga air tersisa 450 cc. Saring lalu minum 3 kali sehari masing-masing sebanyak 150 cc.
9.
JERUK NIPIS
Peras 2 buah jeruk nipis yang ukurannya cukup besar (diameter > 4, 5 cm). Tambahkan 2 gelas air putih. Minum ramuan sesaat sebelum tidur malam hari secara rutin selama 3 bulan.
10.
KUMIS KUCING
Bersihkan 20 lembar daun kumis kucing. Cuci bersih lalu ditumbuk. Peras hasil tumbukan dan ambil airnya 1/2 gelas. Minumlah setiap pagi.
11.
DAUN SUKUN
Sukun dikenal sebagai buah yang bisa digoreng atau dinikmati sebagai makanan kecil. Daunnya ternyata berkhasiat untuk mengobati ginjal. Caranya mudah. Petik tiga lembar daun sukun yang berwarna hijau tua, namun masih menempel di dahan. Cuci bersih pada air mengalir. Selanjutnya daun dirajang lalu dijemur sampai kering. Siapkan panci perebus. Isi dengan air bersih dua liter. Masukkan daun lalu dimasak sampai air mendidih. Sisakan air sampai tinggal separuh. Selanjutnya, tambahkan air bersih satu liter. Didihkan lagi sampai separuh. Kemudian saringlah. Air rebusannya akan berwarna merah, mirip seduhan teh. Rasanya agak pahit. Jika tak tahan pahit, bisa ditambahkan sedikit madu setiap kali minum. Minumlah sampai habis. Air rebusan tak boleh disisakan untuk keesokan harinya. Dengan meminum rebusan daun suku secara rutin penyakit ginjal akan reda.

Sumber : Farmasiku

Comments