5 Tahun Lagi, Komputer Bakal Punya Panca InderaMetrotvnews.com: 

IBM memprediksi komputer bisa seperti manusia yang memiliki lima panca indera pada lima tahun ke depan. IBM menyebut komputer mampu memahami kondisi lingkungan sekitar.

IBM mengatakan lima panca indera itu akan digodok dalam satu konsep, yaitu komputasi kognitif di mana mesin dapat merasakan sesuatu layaknya manusia. Contohnya, komputer mampu menjelaskan detail sebuah objek dan bahkan memberikan makna mendalam.

Vice President Divisi Inovasi IBM Bernie Meyerson mengatakan, konsep tersebut merupakan cara berpikir yang baru bagi sebuah perangkat komputasi.

"Anda harus mengubah cara berpikir dalam mengonsumsi data, komputasi kognitif membuat sebuah perubahan kemampuan yang menarik," ujar Meyerson.

Satu hal penting dari komputasi kognitif dan yang membedakannya dari komputasi tradisional adalah pelatihan. Ketika mesin memberikan fakta yang salah, ia akan mencobanya sampai benar.

"Akan ada pengamatan terhadap perkembangan komputer itu dan ketika memberikan jawaban yang salah dan Anda meralatnya, ia akan terus mengeluarkan jawaban yang tidak benar sampai akhirnya bisa sesuai harapan," papar Meyerson.

"Ini adalah fungsi teknologi, untuk membantu manusia. Sistem komputasi kognitif dibuat untuk menanggapi manusia dengan sebuah metode alat bantu. Dengan membuat mesin seperti manusia, kita tidak perlu membuat sebuah program kecerdasan buatan," tambahnya.(Mashable/MI/TII)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Comments