Sekilas tentang burung Ciblek

Burung Ciblek memiliki ukuran fisik yang tergolong kecil dan memang kecil karena hanya sekitar 12 cm yang terhitung dari ujung paruh hingga ekor. Burung ciblek ini juga sering di sebut sebagai prenjak jawa. Ciri burung ini memiliki bulu punggung berwarna hijau ke abu abuan lalu pada bagian ujung ekor bermotif totol kehitaman tipis.

Namun pada bagian punggung ciblek memiliki dua macam warna. Jenis ciblek tegalan/ kebun mempunyai ciri dada berwarna putih lalu untuk ciblek sawah berwarna abu abu dan agak gelap. Kelebihan Ciblek dada putih ini memiliki intonasi suara maupun kicau yang lebih panjang, keras dan sangat melengking. Sedangkan ciblek sawah terkesan memiliki suara yang lirih.

Burung ciblek memiliki paruh yang runcing dan kecil pada bagian atas kehitaman dan bagian bawah berwarna kekuningan. Kaki burung ciblek ini terbilang panjang bila dilihat dari ukuran dan bentuk badannya, maka terkesan sangat rapuh dan berwarna coklat kemerahan.

Burung ciblek pada umumnya hidup secara berkoloni atau berkelompok antara 3 hingga 12 ekor. Dulu burung ini sangat mudah ditemukan karena mereka mencari makanan di area terbuka seperti sawah, pekarangan, kebun. Namun ada juga sebagian ciblek yang mencari makan didaerah tertutup seperti pinggiran hutan dan kawasan bakau.

Seperti kebanyakan jenis burung kecil lainnya, ciblek membuat sarang dengan menganyam rerumputan yang halus. Mereka akan memilih pohon yang tidak terlalu lebat tetapi memiliki banyak batang. Sarang ciblek berukuran kecil dengan diameter sekitar 15 cm yang memiliki lubang kearah samping dari sarang tersebut. Sarang dibuat pada batang dengan ketinggian minimum sekitar 20 cm. Telur antara 3 - 5 biji




Ciblek mencari mangsa berupa ulat maupun serangga kecil yang terdapat di dedaunan maupun pohon-pohon. Namun ada kalanya mereka akan turun untuk mengambil cacing yang muncul di permukaan tanah.

sekian sekilas tentang burung ciblek,untuk suara burung ciblek anda bisa download di sini semoga bermanfaat..

Comments